Thursday, April 27, 2006

Senam Seks, Bisakah Mengatasi Masalah Seksual..?


"Contract, release! Jepit, lepas!" Banyak orang dan mungkin termasuk anda makin akrab dengan instruksi-instruksi seperti itu. Maka bila mendengarnya pikiran orang langsung mengarah pada senam seks. Betul gak? :) Sebenarnya berapa besar sich olahraga ini bisa mengatasi masalah seksual?
Seks merupakan salah satu jalan meraih kebahagiaan pasangan suami isteri. Seks bisa menjadi rutinitas yang membosankan, bila derajat kualitasnya tidak dipelihara. Menurunnya kemampuan fisik maupun organ seksual secara alami, bisa memicu kejenuhan itu. Bagaimana suami dapat melakukan variasi gerakan, jika lengan dan lututnya tak lagi mampu menyangga tubuh ? Bagaimana pula isteri dapat menikmati sekaligus memuaskan pasangan, bila untuk mengangkat pantat saja tak mampu?

Salah satu solusi untuk mengatasi persoalan seksual adalah senam seks. Meski secara medis tidak ada senam seks, tapi beberapa jenis senam mampu membantu sekaligus meningkatkan kemampuan fisik dan organ seksual. Salah satu jenisnya disebut "Senam Kegel".
Kegel merupakan bagian dari latihan seksual. Menahan Kencing Kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Pubococcygeus (PC) yang semula dipergunakan untuk terapi pada perempuan yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin. Sebagian besar perempuan yang tak terlatih akan mengalami penurunan uterus akibat kelemahan dan penipisan otot PC.
Untuk memperbaikinya maka diperkenalkan senam oleh Dr. Arnold Kegel sejak tahun 1945. Senam ini merupakan rangkaian gerakan yang berfungsi untuk melatih kontraksi otot PC berkali-kali dengan tujuan meningkatkan tonus dan kontraksi otot.
Hal ini dapat dilakukan seperti menahan air kencing.
- Senam Kegel -
Gerakan dasar senam Kegel sebenarnya cukup sederhana. Caranya, dengan melakukan kontraksi otot PC berulangkali minimal 2 kali sehari sebanyak 10 kali kontraksi tiap kali latihan. Hal ini dapat dilakukan seperti menahan air kencing. Namun, sebetulnya, latihan ini tidak sesederhana yang diucapkan. "Tujuan utamanya sama yakni melatih otot PC. Jadi tidak ada perbedaan untuk penggunaannya bagi pria dan wanita," enarn minggu sesudah operasi vagina setelah melahirkan, akan terjadi penipisan (atrofi) dan kelemahan otot, khususnya otot perineum (daerah antara alat genital dan anus). Karena itu, perlu diperbaiki agar tonus otot lebih baik dan pulih kembali.
Latihan yang dilakukan minimal enam minggu akan menunjukkan manfaatnya. Semenlara untuk pria ternyata lalihan Kegel ini telah dikembangkan sejak tahun 1978 oleh Zilberger.

Cara Berlatih Kegel!

Pemanasan. Kendurkan otot-otol perut, bokong dan paha atas se-rilek mungkin. Untuk memastikan otot-otot tersebut rilek, letakkan kedua tangan di atas perut. Jika perut tidak ikut bergerak ketika otot-otot dasar panggul (PC) dikontraksi, berarti gerakan Anda benar.

Kontraksi. Kontraksikan otot-otot PC Anda dengan menarik ke dalam dan keras sekitar vagina, anus dan saluran kencing (uretra) seperti menahan air seni. Tujuannya untuk menemukan letak otot PC. Untuk mudahnya dapat melakukan latihan berikut: Ketika Anda ingin buang air kecil, tahanlah aliran air seni, lalu lepaskan kembali. Lakukan beberapa kali sehingga bisa merasakan benar letak otot PC lersebut.

Ulangan. Setelah Anda mampu melakukan, mulailah berlatih sebanyak 10 kali ulangan. Setiap kali kontraksi, tahan selama tiga hitungan. Kemudian secara perlahan naikkan hitungan kontraksinya hingga Anda bisa menahan selama 10-15 hitungan, dengan istirahat selama 10 detik diantaranya. Jumlah optimum kira-kira 50-100 kali sepanjang hari, pagi, siang, sore dan malam.

Variasi. Lakukan variasi untuk menghindari kebosanan dengan munggabungkan latihan otot-otot PC dengan latihan pengencangan otot-otot lain di sekitarnya, yaitu otot-otot perut, paha atas, dan otot bokong, dalam posisi berdiri, duduk atau berbaring.

Catatan. Latihan Kegel dengan menahan air seni, disarankan hanya dilakukan pada saat awal berlatih. Gunanya untuk menemukan letak otot PC. Setelah itu sebaiknya jangan dilakukan lagi karena akan mengganggu pola kencing Anda. Sebaiknya berkonsultasi lebih dulu sebelum berlalih dan lakukan evaluasi dalam jangka waktu tertentu.

Senam Seks untuk Pria
SENAM seks begitu populer si kalangan wanita. Banyak wanita yang rnelakukan rutinitas senam ini, baik secara pribadi ataupun secara berkelompok. Tujuannya, untuk menguatkan organ-organ kewanitaannya. Karena itulah, banyak yang menganggap kalau senam ini hanya diperuntukkan bagi kaum wanita. Karena itulah, belum banyak pria yang rnelakukan senam seks.

Pada prinsipnya, gerakan-gerakan senam seks bertujuan untuk menguatkan otot dasar panggul. Sedangkan otot-otot dasar panggul sendiri mempunyai fungsi untuk menyangga isi rongga panggul. "Di dalam panggul, tidak hanya terdapat organ-organ intim saja, melainkan organ-organ yang berkaitan dengan saluran kencing maupun pembuangan kotoran," Jadi, selain untuk menguatkan orgam-organ intim, otot dasar panggul juga berfungsi untuk mengontrol keluarnya urin dan faeces (kotoran manusia).

Gerakan-gerakan senam seks untuk pria ini tidak berbeda dengan gerakan senam seks untuk wanita. Secara teori, ada 13 gerakan dasar yang harus dilakukan, baik dengan cara berbaring, duduk, maupun berdiri. Gerakannya tetap sama. Tidak ada yang berbeda.
  1. Salah satu gerakan senam seks yang paling mudah dilakukan adalah dengan berbaring, kemudian menekuk kedua lutut sekitar 90 derajat, kemudian mengontraksikan otot-otot panggul bawah ke arah depan atas. Kemudian direlaksasikan kembali.
  2. Sebagai tahap awal, gerakan ini bisa dilakukan sebanyak 10 sampai 15 kali tanpa menahan kontraksi. "Setelah kontraksi, langsung direlaksasikan," tambahnya.
  3. Tahap berikutnya, gerakan ini bisa dilakukan dengan menahan kontraksi 6-10 hitungan. Gerakan-gerakan ini, bisa dilakukan sebanyak 5 sampai 10 kali dalam sehari. Setelah cukup terlatih, jumlah latihannya bisa ditingkatkan antara 50 sampai 100 kali gerakan.

Jika rutin dilakukan, gerakan-gerakan senam ini akan meningkatkan kemampuan pria dalam melakukan hubungan seksual. Ini dapat memperlama kemampuan ereksi pria. Hanya, dibutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai manfaat ini, Selain memperlama waktu ereksi, si pria juga akan mampu untuk menahan keluarnya kencing dengan lebih baik. Juga kemampuan untuk mengontrol buang air besar.


Meski gerakan-gerakan senam ini tergolong mudah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebagai tahap awal harus dibantu oleh seorang instruktur. Bisa seorang dokter, fisioterapis, maupun instruktur senam jelasnya. Setelah mendapatkan contoh gerakan yang benar, untuk selanjutnya senam seks bisa dilakukan sendiri. (dr. iwan)

6 Comments:

At 8:39 AM, Blogger Unknown said...

Dok, bisa dikasih gambar gak cara latihannya?

 
At 1:52 PM, Blogger Roomen said...

fungsinya apa untuk mengetahui letak otot pc??? saya baca di artikel manapun kok klihatannya g ada fungsinya. karena ketika kita latihan kita kan tidak menyantuh sama sekali otot pc tersebut???

 
At 1:08 AM, Blogger Saricihuy said...

dok, ko gk da contoh gerakan senamnya ?? jadi kurang bisa dimengerti .. kalau bisa da link download videonya dok ..

 
At 5:56 AM, Blogger Unknown said...

saya sering baca ttg kegel ini salah satunya y lumayan komplit, tp saya kok belom pernah lihat referensi aslinya? bukunya apa toh? soalnya klo d internet banyak macemnya jangan mereka itu padangawur.

 
At 5:56 AM, Blogger Unknown said...

saya sering baca ttg kegel ini salah satunya y lumayan komplit, tp saya kok belom pernah lihat referensi aslinya? bukunya apa toh? soalnya klo d internet banyak macemnya jangan mereka itu padangawur.

 
At 11:38 AM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal dok. . terimakasih infonya sista. . oh iya apakah senam ini juga membutuhkan baju senam khusus? di tunggu jawabnnya dok. :)

 

Post a Comment

<< Home