Thursday, March 08, 2007

Remaja, Pasutri dan Masturbasi (1)



Dewasa ini perkembangan ilmu dan teknologi semakin canggih, secanggih informasi tentang seks yang sudah tidak dianggap sebagai hal yang tabu lagi. Hari demi hari perilaku seks remaja, yang dianggap sebagai usia peralihan menjadi semakin menjadi seiring meningkatnya kasus yang berkaitan denagn remaja. Kehamilan yang tidak diinginkan, Penyakit Menular Seksual(termasuk HIV/AIDS yang sekarang semakin marak juga di kalangan remaja) merupakan beberapa contoh kasus yang mulai sering kita dengar di beberapa pemberitaan. Belum lagi masalah perilaku seks yang sudah menjadi bahan perbincangan sehari2 di kalangan remaja, masturbasi misalnya.

Masturbasi adalah salah satu contoh perilaku seks remaja yang sering menjadi perbincangan hangat di kalangan remaja, terbukti dari tahun ke tahun, angka perilaku masturbasi di kalangan remaja semakin meningkat saja. Penelitian PILAR PKBI Jateng, sebuah LSM peduli remaja di kota Semarang tahun 2002 melakukan penelitian di kalangan mahasiswa, mencatat lebih dari 60% remaja menyalurkan dorongan seksnya dengan cara masturbasi atau onani. Bahkan dr. Boyke dalam salah satu seminar pernah menyampaikan, 80% remaja pernah melakukan onani minimal sekali, sehingga hal ini menunjukkan masih banyak remaja sudah tahu, melakukan, namun belum memahami dampak dan risiko dari masturbasi atau onani.

Masturbasi adalah sebuah perilaku seks yang dilakukan dengan cara merangsang alat kelamin (sendiri) untuk mendapatkan kepuasan seks. Belakangan ini ternyata masturbasi (onani) tidak hanya menjadi tren di kalangan remaja pria saja, tapi wanita pun juga melakukan, terbukti dari beberapa klien wanita yang sempat datang di klinik mengaku kalau pernah melakukan masturbasi. Bahkan tidak jarang pasangan suami istri yang (tentu) sudah banyak menikmati hubungan dengan pasangan pun pernah melakukan masturbasi sepanjang pernikahannya. Apalagi masturbasi bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dalam suasana apapun, tanpa harus menggunakan orang lain sebagai patner.

Beberapa ahli mengatakan bahwa masturbasi menjadi bagian dari cara penyaluran dorongan seksual pada seseorang yang sedang meningkat libido seksualnya, di samping mimpi basah dan hubungan seksual dengan pasangan. Bisa dikatakan ketika dalam tubuh seseorang sudah mulai diproduksi hormon seks estrogen progesteron (pada wanita) dan hormon testosteron (pada pria), dia akan mempunyai dorongan seks yang setiap saat harus mendapatkan penyaluran yang diinginkan. Dan usia remaja akan mengalami fase itu, kemudian menjadikan masturbasi menjadi salah satu solusinya.

Apakah masturbasi sebuah kelainan seks, beberapa dokter mengatakan tidak, oleh karena parameter sebuah kelainan seks jelas, yaitu menimbulkan gangguan perilaku dan gejala-gejala klinis yang pasti! Akan tetapi seorang psikolog bisa menggolongkan masturbasi dalam kategori abnormalitas seks, oleh karena menggunakan penyaluran dengan cara yang (dianggap) kurang wajar, serta mengalami beberapa dampak psikologis seperti perasaan bersalah (guilty feeling), merasa tidak suci lagi atau muncul perasaan kurang percaya diri yang berlebihan.

Risiko-risiko lain yang dianggap bisa timbul oleh karena perilaku ini antara lain, gangguan pengendalian dorongan seks, sehingga pada pria yang cenderung mengalami kecanduan atau ketergantungan terhadap masturbasi, sehingga pada saat menikah bisa mengalami ejakulasi dini, yang tentunya akan mengurangi kenikmatan seks (terutama pada wanita). Sementara wanita sering melakukan masturbasi dengan alat bantu yang tidak lazim, seperti benda-benda tumpul, dildo (alat bantu seks), jari tangan yang mungkin kurang bersih, atau hanya sekedar berfantasi sampai mengalami suatu kepuasan tertentu, satu saat akan menjadi sangat riskan terhadap infeksi vagina, dan berbahaya jika menggunakan alat-alat elektrik, listrik, manual dll. Seringkali muncul perasaan bersalah karena seorang wanita bisa merasa sudah tidak perawan akibat masturbasi, kerusakan selaput dara, atau tiba-tiba mengeluarkan darah yang tidak wajar setelah masturbasi. Belum lagi risiko terjadi infeksi keputihan akibat memakai alat yang tidak bersih, atau kemandulan akibat infeksi terus menerus, dan tidak diobati secara tuntas! (dr.iwan)

16 Comments:

At 3:45 AM, Blogger Aryacek said...

Mas iwan tolong jawab pertanyaan saya nih, walau ini bukan forum tanya jawab. begini mas saya sudah bertahun-tahun melakukan onani sejak saya berumur 14 tahun sampai umur saya sekarang 20 tahun, apakah onani dapat menimbulkan ejekulasi dini pada saat berhubungan intim dengan lawan jenis? n tahun pertama saya melakukan onani ejakulasi saya sangat lama tapi lama kelamaan saya kok sering cepat keluar yaa..?

 
At 9:06 PM, Blogger raden said...

Dr.iwan saya mau nanya tentang: 1.dari berbagai situs web,banyak orang mengeluhkan gejala yang di akibatkan onani seperti lutut kopong/tidak berisi,kemaluan menjadi bengkok dsb,saya juga mengalaminya.Yang saya ingin tanyakan adalah apakah onani benar-benar tidak memiliki efek apapun.
2.Apakah beronani dapat menimbulkan urat-urat di sekitar kantung telur yang pada akhirnya mengakibatkan buang air seni terasa sakit/mengeluarkan nanah.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 
At 7:19 PM, Blogger miss x said...

dokter saya mau tanya apa masturbasi itu bisa mengakibatkan kemandulan pada wanita?? mohon penjelasannya. terima kasih..

 
At 10:05 AM, Blogger alk said...

dr. yth,

pernah tdk ada penelitian yang menyebutkan dengan masturbasi dapat mengurangi perilaku seksual (senggama)?

menurut pendapat dr. apabila sekelompok remaja (baik lk/pr) dikondisikan dengan masturbasi pada satu kesempatan, apakah mereka masih tetap ingin melakukan hubungan senggama?

mohon tanggapannya.

 
At 10:56 AM, Blogger azrul said...

kenapa saya ga pernah mimpi basah, dikarenakan saya sering melakukan onani sejak kecl?

 
At 9:44 PM, Blogger ninawijaya said...

Dear Pak Iwan,
Please helpp me..
saya pernah mendengar kalau orang yang melakukan hubungan seks tanpa memasukkan ke dalam vagina bisa hamil. Waktu lalu pacar saya habis memegang mr-p nya yang lagi ada cairannya, saya tidak tahu cairan nya putih/bening. Setelah beberapa detik sekitar 10 detik, dia memasukkan jarinya ke dalam vagina saya, dan memainkannya. Yang menjadi pertanyaan apakah saya bisa hamil? Terima kasih. Saya perlu mendapat jawabannya segera. Thx. Saya sangat menyesal ..T_T.. bagaimana mengurangi hawa nafsu yang besar ya? THX B4

 
At 9:47 PM, Blogger ninawijaya said...

Maaf dua kali saya mengirim untuk mengetahui apakah message saya masuk. saya pernah mendengar kalau orang yang melakukan hubungan seks tanpa memasukkan ke dalam vagina bisa hamil. Waktu lalu pacar saya habis memegang mr-p nya yang lagi ada cairannya. Setelah itu dia memasukkan jarinya ke dalam vagina saya. Tapi jarak antara dia memegang mr-p nya dan memasukkan jarinya ke dalam vagina sekitar 10 detik. Yang menjadi pertanyaan apakah saya bisa hamil? Terima kasih. Saya perlu mendapat jawabannya segera. Thx. Saya benar-benar menyesal. Dan saya ingin mengetahui spy mengurangi hawa nafsu bagimana? THX Bgt.

 
At 1:28 PM, Blogger Fahmi23 said...

Apakah masturbasi pada wanita dapat menimbulkan kehamila?
Terima kasih
tolong balas di fahmifahrizi25@gmail.com
terimakasih ya dokter sya tunggu :)

 
At 1:24 AM, Blogger pribadi said...

mf DR saya mau nanya,
1.saya kalo terangsang sedikit lsg keluar air maninya dan bisa mengakibatkan injeksi dini ap g?
bisa di sembuhkan ap tidak?

2.klo keseringan onani bisa mengakibatkan ineksi dini dan mengakibatkan kemandula,ap tidak??
thnk's

 
At 1:27 AM, Blogger pribadi said...

mf mas saya mo nanya
1.mas kknp ya terangsang sesuatu lsg klr air maninya,dan kira-kira bisa mengakibatkan enjuksi dini dan kemandulan ap tidak??
2.mas ciri-ci orang mengalami injeksi dini apa saja??
nuwun

 
At 6:40 PM, Blogger Unknown said...

dokter iwan, saya ingin bertanya.
Begini, saya 1 tahun yg lalu mulai tobat masturbasi karena saya tau itu bkn hal yg bgus bguat kesehatan.
Saya ingin bertanya dok, apakah masturbasi pada wanita menggunakan jari yg kotor dapat menyebabkan wanita itu terkena aids ?
Tolong balas di liaabnirma@yahoo.com
Makasi banyak atas perhatiannya.

 
At 12:18 AM, Blogger Unknown said...

Dokter iwan, tolong di jawab ya ,,, dari hasil hsg sy dinyatakan obstruksi tuba bilateral, apakah itu dapat menular pd suami saya ?

 
At 6:30 AM, Blogger arie43 said...

Dokter iwan..tolong dijawab ya..jika suami melakukan hubungan intim disaat lagi sakit flu dan minum obat apakah dapat menyebabkan kelainan pada calon bayi nantinya..

 
At 9:11 PM, Blogger belut kendal said...

menurut saya, hal itu tdk bs menyebabkan hamil. Alasanya cairan itu bukan sperma. Itu semacam pelumas. Maaf jika salah

 
At 4:47 PM, Blogger alk said...

dr Iwan kenapa anda tidak pernah jawab pertanyaan kami?

Saya suka bertukar pikiran mengenai perilaku seks dikalangan remaja, terutama mengenai Masturbasi.
Jika memang dr Iwan sempat melihat blog ini mohon kirim tangapan mengenai pertanyaan saya via email alwie_alka@yahoo.com.

Untuk teman yang ingin bertukar pikiran ttg perilaku seks silahkan email, jika bisa jawab I'll be gladly to answer.

 
At 7:53 PM, Blogger Unknown said...

Dafatar nama alat bantu wanita khusus untuk melampiaskan hasrat seksual.
1 Sex toys dildo penis getar goyang.
2 Dildo pretylove.
3 Penis silikon getar.
4 Penis pump
5 penis telor.
KolekSi mainan sex lain nya klik DISINI.

 

Post a Comment

<< Home