Tuesday, July 18, 2006

Konsultasi : Pengen ngerti soal AIDS


Hallo dokter apa kabarr? Moga baik-baik aja, kenalin nama saya Ria, umur saya saat ini 27 tahun. Saya ingin beberapa hal tentang penyakit AIDS, kebetulan tanggal 1 Desember tempo hari saya melihat kegaiatan beberapa lembaga peduli AIDS di Simpang Lima Semarang. Sebenarnya banyak sekali yang ingin saya tanyakan tapi saya malu menyampaikan saat itu. Ada beberapa pertanyaan untuk dokter iwan yang kebetulan waktu itu ikut bergabung, yaitu:
1. Kenapa penderita AIDS bisa meninggal?
2. Apakah ciuman bisa menularkan HIV-AIDS?
3. Penyakit AIDS sampai sekarang ada obatnya nggak sich?
4. Kenapa orang yang pakai narkoba bisa kena AIDS?
5. Orang yang kena narkoba bisa sembuh nggak?


Maaf ya pertanyaan saya terlalau banyak, mudah-mudahan dokter tidak bosan menjawabnya.
(Ria via email)


Jawaban:
Terima kasih Ria, pertanyaanmu baik sekali, kebetulan hari itu kita sedang mengadakan aksi kota dalam rangka Hari AIDS sedunia yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia. Begini, AIDS adalah suatu sindroma atau kumpulan gejala yang dialami oleh seseorang yang terinfeksi virus HIV dimana di dalam tubuhnya terdapat virus yang menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh secara berangsur-angsur. Dan penyakit AIDS sendiri ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui beberapa cara antara lain: melalui hubungan seks yang tidak aman, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, transfusi darah yang terinfeksi, dan penularan dari ibu pada janin yang dikandung.

1. Pertanyaan kenapa seorang pengidap HIV-AIDS bisa meninggal, tentu saja karena kekebalan tubuhnya terus-menerus menurun, pada suatu ketika (biasanya membutuhkan waktu betahun-tahun) kekebalan tubuhnya tidak ada sama sekali dan pada saat itulah penyakit-penyakit serius akan masuk ke dalam tubuh, seperti penyakit kanker, infeksi kronis, kegagalan fungsi organ tubuh dll, sehingga pada akhirnya orang itu akan meninggal dunia. Jadi bukan karena virusnya, akan tetapi karena kekebalan tubuh yang menurun tadi.

2. Selama ini cairan atau media penularan dari virus dari satu orang ke orang lain hanya melalui cairan tubuh tertentu, seperti : darah, cairan vagina, sperma, juga ASI yang dianggap merupakan produk darah. Sementara ciuman bibir belum berpotensi menularkan kecuali kalau terjadi perlukaan saat ciuman. Begitu juga air ludah masih dianggap mengandung virus dalam jumlah yang sangat sedikit.

3. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk benar-benar menghilangkan virus dari dalam tubuh seorang pengidap HIV-AIDS; yang sudah ditemukan para ahli adalah obat anti retro virus (ARV) yang digunakan untuk menghentikan perkembangbiakan virus yang terlalu cepat, sehingga fase AIDS yang merupakan fase terakhir dimana kekebalan tubuhnya sudah betul-betul hilang bisa dicegah. Cuma di indonesia belum cukup berhasil sempurna mengingat harga masih terlalu mahal.

4. Dari beberapa cara penularan virus HIV, penggunaan jarum suntik pada pengguna narkoba jenis putaw dan morfin sangat berpotensi menularkan virus apalgi jika digunakan bergantian, dimana salah satu terkena virus tersebut. Di Indonesia 75% pengguna narkoba jarum suntik (IDU- intravena drug user) HIV (+)

5. Kesembuhan dari pengguna narkoba tergantung pada beberapa hal, al:

a. Jenis obat dan lama pemakaian, karena semakin lama seseorang menyalahgunakan obat, apalagi pada jenis suntik dan hirup tentu penyembuhannya akan membutuhkan waktu yang cukup lama juga

b. Motivasi dan kemauan penderita untuk sembuh, karena sebagian pengguna setelah melalui tahap rehabilitasi akan kembali menjadi pengguna karena motivasinya kurang kuat, dan dukungan dari orang terdekat(orang tua, keluarga, teman dekat) juga sangat penting

c. Dorongan lingkungan atau lingkaran setan dari pengguna harus benar-benar terputus, karena bujukan dan rayuan mereka akan membuat seseorang kembali menjadi pengguna narkoba.
OK Ria, mudah-mudahan jawaban saya cukup jelas, untuk informasi lebih lanjut Ria bisa
langsung dapatkan di Asa PKBI Jawa Tengah yang berada di jalan Cempolorejo Raya no. 33 Semarang, atau kamu juga bisa berkonsultasi lewat pesawat hotline 024-7603560. Terima kasih. (dr. iwan)

2 Comments:

At 1:22 AM, Blogger boy said...

maaf saya kurang mengerti masalah aids?
1. apakah aids terjadi hanya dari orang yang menderita atau orang yang tidak menderita tanpa ada hubungan dekat atau intim dengan penderita aids?
2. apakah orang bisa terjangkit virus aids melalui sariawan..dan terjadi saat sang wanita mengisap kelamin pria.. maaf apabila ada pertanyaan saya yang kurang dr. iwan mengerti sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

 
At 7:05 PM, Blogger Toko Achong - Hua said...

BEST SELLER PRODUK
TOKO ACHONG - HUA


- alat bantu sex pria

- alat bantu sex wanita

- cream pembesar payu dara

- kapsul pembesar payu dara

- kapsul peninggi badan

- kecantikan

- kesehatan

- kondom silikon

- minyak pembesar penis

- obat kuat pria

- obat pelangsing

- obat pembesar penis

- obat penggemuk badan

- obat penumbuh rambut

- obat penyubur sperma

- obat perangsang

- penghilang tatto permanen

- vakum pembesar penis

- vakum pembesar payu dara

- SELAMAT BERBELANJA -

 

Post a Comment

<< Home