Tuesday, October 03, 2006

Konsekstasi : Bicara Gagap Setiap Habis Mimpi Basah


Halo dok.. Saya seorang mahasiswa, dan saya ingin berkonsultasi. Saya mengalami suatu penyakit yang menurut saya ini sama sekali tidak masuk akal. Saya seringkali tidak dapat berbicara dengan lancar (mungkin bisa dibilang gagap) Dulu saya kira ini adalah pengaruh tekanan-tekanan yang saya pernah alami di keluarga. Tapi ternyata lama-kelamaan saya mengetahui bahwa penyakit ini tidak disebabkan oleh hal itu, tapi ini ada hubungannya dengan organ seks saya. Bagi seorang pria, Mimpi Basah kan merupakan hal yang normal/wajar, tapi anehnya gejala ini berpengaruh pada pita suara saya.


Setiap kali habis mimpi basah, saya langsung tidak dapat bicara Setiap kali saya tidak mimpi basah sampai 2-3 minggu, pelan-pelan suara saya membaik, dan bisa lebih lancar dalam berbicara, dan level penurunan penyakitnya bertahap, hari demi hari semakin lancar sedikit demi sedikit Pernah saya tidak mimpi basah sampai kurang lebih 2-3 bulan, dan hasilnya suara saya sembuh dan saya bisa berkomunikasi dengan lancar. Tapi tiba-tiba malamnya kembali lagi mimpi basah itu datang, dan keesokan harinya suara saya mulai menurun lagi (tidak lancar bicara).

Dan saya langsung merasa seakan pengharapan untuk sembuh itu hilang lagi, dan keadaan ini terus-menerus berulang hingga sekarang, pengharapan untuk timbul lalu mendadak hilang lagi ketika saya mimpi basah Akhir-akhir ini kurang lebih kejadian ini berulang dalam durasi setiap kurang lebih 2 minggu.


Dokter pasti juga mengerti bahwa sebagai seorang mahasiswa, jika saya tidak bisa berbicara dengan lancar, itu sama saja membunuh masa depan saya. Saya jadi tidak bisa presentasi dengan lancar, tidak bisa berkomunikasi dengan lancar, tidak bisa berkompetisi dalam dunia global ini, dan nantinya juga akan sulit dalam meraih pekerjaan; sedangkan latar belakang saya adala seorang yang pandai dalam pelajaran (teori), tetapi saya jadi terhalang dalam mengembangkan skill secara praktek (pidato, presentasi, public speaking,dll) Jujur saya seringkali merasa iri melihat teman-teman saya biasa bicara dengan lancar dan relax.

Saya ingin sekali bisa sembuh dan bisa bicara dengan normal seperti orang-orang lain. Tapi penyakit ini seakan menghalangi saya untuk meraih masa depan saya yang cerah. Menurut dokter penyakit apa yang saya alami, dan apa hubungannya dengan suara saya, mengapa ini sama sekali seperti tidak masuk logika? Tolong bantu saya dok, berikan penjelasan, info, dan saran selengkap-selengkapnya. Apakah ada cara untuk menghentikan siklus mimpi basah tersebut, mungkin dengan pemberian zat kimia/cairan hormonal tertentu, dan apa efek samping/akibatnya? Apakah mungkin ada kelainan dengan hormon testosteron saya, dan apa hubungannya dok, hormon testosteron dengan pita suara? Menurut dokter apa yang harus saya lakukan? Obat apa yang saya perlukan (mungkin dengann tanaman tradisional,dll), dan tindakan penyembuhan seperti apa yang saya butuhkan?
Apa saya perlu tes klinis/laboratorium, dan dimana saya bisa menemukan tempat check-up/laboratorium untuk tujuan tsb? Tolong saran dan bantuannya, kalau dokter tidak keberatan, saya juga ingin bertemu dengan dokter secra pribadi. Kalau boleh, saya minta data detail dokter (Nmr telepon, HP, Alamat, dan temoat praktek). Terima kasih banyak dok. Bantuan dokter penting sekali untuk menghidupkan masa depan saya. Tolong dibalas ke email saya. Thx,Tuhan Memberkati...

(B.D via Email)
Jawab :
Haloo B.D... gagap yang kamu alami sebenarnya tidak bisa serta merta langsung divonis bahwa itu terjadi karena proses mimpi basah yang kamu alami. Memang pencetus atau pembentuk seseorang menjadi gagap ada beberapa faktor, diantaranya faktor dari dalam dimana terjadi mis kooordinasi antara respon di otak dengan fungsi bicara sehingga terjadi ketidaksinkronan antara instruksi otak dan respon bicara. hal ini bisa terjadi sejak masa kanak2, misalnya ketika usia 1-2tahun dimana seorang anak sudah mampu berbicara secara lancar ternyata baru pada usia setelah itu bicara mulai terlihat lancar. atau misalnya gagap yang terjadi sebagai faktor bawaan dimana pada masa dalam kandungan ada gangguan perkembangan otak yang berpengaruh di usia dewasa, ketika mulai bersosialisasi dengan orang lain, gangguan ini mulai terlihat!
Tapi sebenarnya gagap lebih sering terjadi karena faktor dari luar, yaitu lingkungan yang berpengaruh sangat besar mengubah pola bicara seseorang. misalnya ketika usai sekolah tidak ada masalah dalam bicara, tiba2 terjadi gangguan psikologis, seperti kaget, takut yang berlebihan, kecemasan berkepanjangan, tekanan terlalu berat atau stres yang tidak teratasi.
Hal inilah yang paling banyak mencetuskan seseorang dengan pola bicara gagap. hal inilah yang barangkali terjadi pada kamu, sehingga ketika masa puber, dan kamu mengalami proses mimpi basah tiba2 kecemasan mulai terjadi, dan gagap yang sudah bisa diatasi kembali muncul(kambuhan).
Sebenarnya dengan penanganan yang baik oleh seorang ahli, dengan dibantu oleh dukungan lingkungan, gangguan ini bisa disembuhkan, sekalipun melalui tahapan yang cukup lama, dan sewaktu2 bisa saja kambuh berulang. tapi dengan motivasi yang baik saya kira kamu harus tetap optimis bisa sembuh!
Melihat dari cerita yang kamu sampaikan justru sebenarnya penanganan yang perlu kamu lakukan adalah konseling psikologis, karena banyak sekali data yang belum kamu sampaikan, dan proses wawancaralah yang nanti akan menggali secara mendalam apa yang perlu ditangani, dan diatasi! mimpi basah sesungguhnya adalah proses biologis yang amat sangat normal terjadi pada pria, dan tidak perlu diterapi, justru salah2 fungsi seks kamu malah jadi tidak normal lagi donk... apalagi sekarang justru banyak remaja yang tidak pernah mimpi basah gara2 keseringan onani, mudah2an kamu tidak! saya sarankan jika ada waktu, kita bisa ketemu di klinik untuk konsultasi lebih mendalam. saya tunggu!
(dr. iwan)
Redaksi :
Alamat Klinik dr. Iwan : Jln. Tirto Agung Raya no. 56 Tembalang, Semarang
Hotline Konsultasi : 081 228 59951
P.S : Mohon membuat janji jadwal konsultasi terlebih dahulu (via no. diatas) sebelum berkunjung ke Klinik.

1 Comments:

At 9:48 PM, Blogger Hypnotherapy said...

Dear All,
Saya dulu waktu kecil gagap, tapi sekarang sudah total sembuh,
malah jadi Trainer Nasional, Hypnotherapist dan Motivator.

Selama 3 tahuin terakjir saya sudah menyembuhkan ratusan orang yang TIDAK PD dalam public speaking, (termasuk gagap!!!),
baik di pelatihan ataupun di klinik saya.
Secara prinsip, ada 2 terapi sekaligus, yaitu:
1, Hardware, dengan pijatan syaraf wajah
2. Software, dengan terapi NLP dan Hypnotherapy

Silahkan dilihat di blog saya:
http://hypnotherapy4all.wordpress.com/2007/12/26/therapeutic-public-speaking/

Semoga bermanfaat,
Adhi Susilo - adhi_dahsyat@yahoo.com

 

Post a Comment

<< Home