Friday, August 18, 2006

PENYAKIT MENULAR SEKSUAL

I. PENGANTAR
Penyakit kelamin sudah lama dikenal di beberapa negara, terutama yang paling populer di antaranya adalah Sifilis dan Gonorrhoe. Dengan semakin majunya ilmu pengetahuan, makin banyak juga ditemukan jenis-jenis penyakit baru, sehingga istilah Penyakit Kelamin yang dulu banyak disebut sudah dianggap tidak sesuai lagi dan diubah menjadi Seksually Transmited Disease (STD) atau Penyakit Menular Seksual (PMS). Karena pada kenyataanya penyakit-penyakit tersebut tidak hanya mengenai juga organ-organ yang lain.Dari tahun ke tahun insiden PMS bisa dikatakan semakin meningkat, terbukti dari data yang diperoleh terlihat setiap tahun tidak kurang dari 250 kasus baru ditemukan dan dari jumlah tersebut 30-50% merupakan penyakit-penyakit yang tergolong PMS. Peningkatan Insident tersebut secara tidak langsung juga terjadi karena semakin banyaknya kelompok perilaku-perilaku berisiko tinggi, seperti : anak-anak usia remaja, PSK (Pekerja Seks Komersial), pecandu narkotika, kaum homoseksual, dll.
PMS menjadi pembicaraan yang begitu penting setelah muncul kasus penyakit AIDS yang menelan banyak korban meninggal dunia, dan sampai sekarang pengobatan yang paling manjur masih belum ditemukan. Apalagi komplikasi dari PMS (termasuk AIDS) bisa dibilang banyak dan akibatnya pun cukup fatal, antara lain :
  • kemandulan
  • kecacatan
  • gangguan kehamilan
  • kanker
  • kematian
Beberapa faktor yang berpengaruh dalam pola penyakit ini secara prinsip terbagi 2 faktor, yaitu : faktor medis dan faktor sosial.
II. PENYAKIT MENUALAR SEKSUAL
Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah : Suatu gangguan/ penyakit-penyakit yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak atau hubungan seksual. Pertama sekali penyakit ini sering disebut 'Penyakit Kelamin' atau Veneral Disease, tetapi sekarang sebutan yang paling tepat adalah Penyakit Hubungan Seksual/ Seksually Transmitted Disease atau secara umum disebut Penyakit Menular Seksual (PMS).
Penyakit ini sudah ada sejak zaman Mesir, dimana sebagai ilustrasi, pada tahun 1974 telah ditemukan sebanyak 850.000 kasus PMS/ tahun, dan diantaranya terdapat 1255 kasus Sifilis/ tahun. Beberapa Penyakit Menular Seksual yang sering ditemukan di Indonesia al:
  • Disebabkan oleh Bakteri : Gonorrhoe, Sifilis, Urethritis, Vaginosis Bakterial
  • Disebabkan Virus : AIDS, Herpes Genitalis, Hepatitis B, Kondiloma Akuminata
  • Disebabkan oleh Jamur : Kandidiasis Vaginosis
  • Disebabkan oleh Parasit : Scabies, Pedikulosis Pubis

III. PENCEGAHAN PMS
Prinsip utama dari pengendalian Penyakit Menular Seksual secara prinsip ada dua, yaitu:

  • Memutuskan rantai penularan infeksi PMS
  • Mencegah berkembangnya PMS serta komplikasi-komplikasinya.

Dengan pencegahan secara tepat dan penganan secara dini PMS bisa ditangani dengan lebih baik. Yang penting sekali diingat adalah bentuk-bentuk gejala awal yang menjadi pertanda PMS, diantaranya :

  1. benjolan atau lecet di sekitar alat kelamin
  2. gatal atau sakit di sekitar alat kelamin
  3. bengkak atau merah di sekitar lat kelamin
  4. rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil
  5. buang air kecil lebih sering dari biasanya
  6. demam, lemah, kulit menguning dan rasa nyeri sekujur tubuh
  7. kehilangan berat badan, diare dan keringat malam hari
  8. keluar cairan dari alat vital yang tidak biasa, berbau dan gatal
  9. pada wanita keluar darah di luar masa menstruasi dll

Bila merasakan gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya perlu diwaspadai kemungkinan-kemungkinan adanya infeksi kuman PMS.

Pencegahan yang bisa dilakukan antara lain :

  • tidak melakukan hubungan seksĀ· tidak berganti-ganti pasanganĀ· menggunakan kondom setiap hubungan seks
  • menghindari transfusi darah dengan donor yang tidak jelas asal-usulnya
  • kebiasaan menggunakan alat kedokteran maupun non medis yang steril


Yang lebih penting dari semua itu adalah menjaga nilai-nilai moral, agama, nilai etika dan norma kehidupan bermasyarakat karena dengan moral dan etika yang baik kita akan terhindar dari gangguan atau penyakit yang akan membawa kita dalam masalah serius. Bukan begitu remaja....? (dr. Iwan)

4 Comments:

At 5:49 PM, Blogger noii_vya said...

dok.. saya noevy
pengen tanya ..
penyakti menular seksual yang sering terjadi pada remaja wanita apa?

 
At 5:49 PM, Blogger noii_vya said...

dok.. saya noevy
pengen tanya ..
penyakti menular seksual yang sering terjadi pada remaja wanita apa?

 
At 3:19 PM, Blogger radit said...

dok,saya laki-laki berumur 20th.saya ada permasalahan dengan alat kelamin saya.sejak pertama kali di sunat saya merasa aneh dengan alat kelamin saya.di bawah kepala batang kemaluan saya terdapat bintik2 kecil yang cukup banyak.apakah itu penyakit raja singa?lalu apakah bisa sembuh dok?dan pertanyaan terakhir kira2 butuh dana berapa untuk berobat karena saya ingin menabung untuk berobat terlebih dahulu.tolong jawabannya segera.trima kasih banyak sebelumnya.

 
At 8:03 AM, Blogger Monto said...

Hi dok. Gini dok, dibagian ujung alat vital saya terkadang mengeluarkan nanah, saya berhubungan intim sekitaran 15 hari yg lalu. Kira2 penyembuhannya &obatnya apa ya dok. Thx

 

Post a Comment

<< Home