Monday, July 31, 2006

Konsultasi Seks : Gondongan dan Testis Bengkak

Saya laki2 21 th. Begini dokter Iwan..sekitar 6 bulan yang lalu saya mengidap yang biasa dibilang orang dulu penyakit "Gondongan" pembengkakan disekitar leher, pada saat masih mengidap penyakit tersebut pembengkakan juga terjadi pada testis saya sebelah kanan.. pada saat sudah menunjukan kesembuhan pada leher saya, juga berlaku hal yang sama pada testis saya itu..

Tapi pada saat leher saya sembuh total testis saya yang sebelah kanan mengecil 2/3 dari yang sebelah kiri
dan produksi sperma saya terlihat semakin sedikit dari yang biasanya.

Yang ingin saya tanyakan apakah testis saya yang sebelah kanan bisa normal seperti semula..? apakah ini bisa berakibat impotensi? Mohon petunjuknya..

regards
SC (via email)

Jawaban:

Baik SC, sebenarnya istilah 'gondongan' adalah kondisi adanya pembengkakan kelenjar anak ludah atau kel parotis, sehingga infeksinya disebut PAROTITIS. Posisi kelenjar tsb memang berdekatan dengan pembuluh2 limfe atau getah bening yang berhubungan ke seluruh tubuh, sehingga berpengaruh juga pada kelenjar getah bening di bagian inguinal atau lipat paha, yang berdekatan dengan daerah testis.

Nah, setelah penyembuhan ternyata kamu merasa ada yang tidak beres di ukuran testis, jangan2 mengecil nich... oke, barangkali kamu jg perlu nanya ke temen2 yang lain, pada dasarnya ukuran testis bahkan posisi testis antara yang kiri dan kanan tidak ada yang 100% simetris, jadi memang ada sedikit perbedaan, tapi tidak mempengaruhi kualitas sperma, apalagi jumlahnya. Artinya its normally!

Tapi gak ada salahnya kalo kamu pengin lebih yakin, kamu bisa datang ke dokter untuk pemeriksaan kualitas sperma, supaya kecemasan yang sekarang kamu alami bisa dihilangkan. Kalau pengobatan yang kamu lakukan selama ini sudah sampai tahap sembuh total, kamu 'gak perlu takut dech kalau jadi impoten! Ehm, ngomong2 tiap pagi si 'adek' masih bisa bangun dengan kokoh khan?? (dr.iwan)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home