Saturday, August 19, 2006

Konsultasi Seks : Mandulkah Kekasihku ?

hallo dokter Iwan..
saya mau tanya...pacar saya mempunyai kelainan pada spermanya. dia pernah tes sperma di laboratorium dan hasilnya nol alias tak berbenih. kata dia dulu waktu SMA pernah jatuh dan keluarga dari ayahnya ada yang tidak subur alias mandul. yang ingin saya tanyakan apa saja sih penyebab kemandulan pada cowok dan bagaimana cara penyembuhannya selain dengan operasi adakah cara lain.udah gitu aja .makasih ya dok atas penjelasannya..."

Vira, Tembalang - Semarang

jawaban:
makasih vira suratmu, begini kemandulan dalam bahasa kedokteran sering disebut infertilitas atau ketidaksuburan, adalah suatu kondisi dimana dalam tubuh seseorang tidak terdapat sel benih (sel sperma pada laki-laki atau sel telur pada wanita).

Secara umum penyebab dari infertilitas kita bagi menjadi 2 faktor besar, yaitu :1. faktor psikis, sebagian besar kasus-kasus infertilitas seseorang berawal karena adanya stress atau depresi yang dirasakan terlalu mendalam sehingga fungsi organ penghasil sel benihnya(testis pada laki-laki dan ovarium pada wanita) menjadi terganggu.2. faktor organis, dimana terjadi gangguan dalam produksi sel benih akibat adanya kelainan pada salah satu organ reproduksi. Misalnya kanker, kista, infeksi kronis, atrofi(pengecilan) testis dll.

Pada kasus teman anda saya lihat ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan sel sperma tidak bisa dihasilkan, al:a. trauma fisik akibat jatuh, sehingga ada kemungkinan testis mengalami kerusakan sehingga tidak bisa berproduksi dengan baik.b. faktor keturunan sedikit banyak ikut berpengaruh, walaupun tidak 100 %.

Penyembuhan dari kasus infertilitas tidak selalu harus dengan tindakan operatif, kecuali kalau memang ada gangguan di organ reproduksi, misalnya pada kasus kanker ovarium, kanker prostat dll.

Pengobatan yang dilakukan biasanya kita sesuaikan dengan kondisi dan derajat keparahan dari kelainan yang ada. Semakin ringan kelainan yang muncul akan semakin mudah diterapi secara medikamentosa (menggunakan obat), sebaliknya kalau ternyata azoospermae (tidak ada sperma sama sekali) terjadi karena testisnya mengalami kelainan, rasanya sulit untuk disembuhkan secara total.

Saran saya, silakan anda periksakan kembali ke dokter untuk memastikan apakah ada kelainan pada testis, sebelum kita tentukan pengobatannya. Mudah-mudahan anda puas!! (dr. iwan)"

1 Comments:

At 7:54 PM, Blogger Dani Iswara said...

[OOT] maaf dok, mohon ijin nge-link ke blog ini..terima kasih..

 

Post a Comment

<< Home